Universitas Widya Gama Widya Gama Mahakam University

PELATIHAN IMPLEMANTASI DAN INOVASI KURIKULUM 2013 PAUD DI LEMBAGA PAUD KOTA SAMARINDA

Kegiatan pelatihan dilaksanakan oleh Hanita, M.Pd, selaku dosen yang memegang mata kuliah Kurikulum PAUD, pada tanggal 16 September 2017. Perencanaan pelaksanaan pelatihan lebih mengutamakan pemahaman dari konteks kurikulum 2013 PAUD  yeng terdiri dari kopetensi inti, kopetensi dasar, standar tingkat pencapaian perkembangan, standar isi, standar proses, dan standar penilaian. Dan berharap dalam pelatihan ini para pendidik PAUD dapat mengaplikasikan serta mengimplementasikan kurikulum 2013 PAUD  dengan baik dan terencana.

Pengembangan profesionalisme menjadi dasar keahlian seorang pendidik. Tujuan pengembangan professional terdiri dari pengetahuan tentang isi pembelajaran, pengetahuan tentang pendidikan, pengetahuan professional, dan kualitas professional. Perkembangan yang tidak terlepas dari pendekatan yang sesuai dengan perkembangan peserta didik, dengan memahami anak-anak, praktik pengajaran yang sesuai dengan perkembangan dan budaya anak didik, serta kurikulum pembelajaran anak usia dini.

Kurikulum merupakan rancangan pendidikan yang memiliki peran strategis karena seluruh kegiatan berpusat pada kurikulum. Dalam hal ini maka kurikulum merupakan hal yang penting dipahami oleh pendidik yaitu pemahaman terhadap kurikulum 2013 yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini yang salah satunya membahasa tentang Standar Proses yang mencakup Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, Evaluasi Pembelajaran dan Pengawasan Pembelajaran dalam hal ini terkait tentang standar kurikulum PAUD. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Dengan demikian, membicarakan kurikulum 2013 PAUD merupakan suatu hal yang perlu dipahami secara mendalam oleh para pendidik, maka   pelatihan ini merupakan sarana untuk memberikan pemahaman dan praktik kurikulum 2013 PAUD. Selain itu juga pemahaman para pendidik dalam praktik kurikulum 2013 PAUD masih kurang.
Dari hasil penjabaran tentang kurikulum 13 pendidikan anak usia dini bertujuan untuk mendorong dan mengembangkan potensi dengan memberikan stimulus sesuai dengan kemampuan dan tahap perkembangan anak, memiliki  kemampuan mental sosial emosi yang baik serta kesiapan anak untuk menempuh pendidikan selanjutny, yang dilaksanakan berdasarkan acuan dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.137 tahun 2014 Standar Nasional PAUD dan No. 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD.