Universitas Widya Gama Widya Gama Mahakam University

KARYAWISATA YANG DIDAMPINGI ORANGTUA DAPAT MENINGKATKAN RASA AMAN DAN PERCAYA DIRI ANAK DIDIK TK AR-RAHMAN MAKROMAN SAMARINDA

KARYAWISATA YANG DIDAMPINGI ORANGTUA DAPAT MENINGKATKAN RASA AMAN DAN PERCAYA DIRI ANAK DIDIK

TK AR-RAHMAN MAKROMAN SAMARINDA

Kegiatan Karyawisata ini dilakukan sebagai bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh dosen dalam bentuk pengabdian yang berupa kegiatan pembelajaran yang memadukan antara pendidikan intertaiment dengan maksud agar kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan dan menggembirakan karena anak didik dapat langsung melihat, merasakan, menyentuh dan menikmati langsung objek pembelajaran sehingga anak didik menjadi lebih mudah mengingat dan memahami objek pembelajarannya. Karyawisata adalah program pendidikan atau pelatihan yang dikemas dalam konsep hiburan sedemikian rupa,sehingga tiap-tiap peserta atau anak didik tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya sedang diajak untuk belajar atau untuk memahami nilai-nilai setiap individu (Ratna Pangastuti,2014). Poses pembelajaran merupakan interaksi edukatif melalui beberapa proses yaitu:

  1. Proses interaksi (peseta didik berinteraksi seecara aktif dengan guru, rekan peserta didik lain, multi-media,referensi, lingkungan dan sebagainya).
  2. Poses komunikasi (peseta didik mengkomunikasikan pengalaman belajar mereka dengan guru, dan rekan peserta didik lainnya melalui cerita, dialog atau melalui simulasi role play).
  3. Proses refleksi (peseta didik memikirkan kembali tentang kebermaknaan apa yang telah mereka pelajari dan apa yang mereka telah lakukan).
  4. Proses eksplorasi (peserta didik mengalami langsung dengan melibatkan semua indera mereka melalui pengamatan, percobaan, penyelidikan dan wawancara).

     Karyawisata anak didik TK AR Rahman Makroman dilaksanakan pada tanggal 9 Februari 2016, pada kolam renang junggle Lempake Samarinda yang di ikuti oleh semua peserta didik TK Ar Rahman beserta orangtua dan guru, dalam karyawisata ini tidak hanya peserta didik yang mendapat pengalaman tetapi juga orangtua mereka selaku pengasuh sekaligus pengawas dalam kegiatan karyawisata ini. Hal ini dilakukan agar orangtua peka dan juga untuk menjaga kemelekatan yang memberi rasa aman pada anak dan kepercayaan dalam behubungan dengan orang lain.

Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini adalah:

  1. Untuk memberikan pemahaman tentang Peran penting orangtua yang kehadirannya sangat bermakna disaat anak didik sedang melakukan kegiatan karyawisata.
  2. Kualitas kemelekatan dengan orangtua berpengaruh pada rasa aman dan adaptasi sosial anak usia dini.
  3. Kondisi dimana anak dapat belajar dengan cara terbaik.